Kamis, 04 April 2013

Contoh Perusahaan yang melakukan exporting , licensing , franchising , joint venture , wholly owned subsidiary


Exporting
Ekspor adalah proses transportasi barang atau komoditas dari suatu negara ke negara lain. Proses ini seringkali digunakan oleh perusahaan dengan skala bisnis kecil sampai menengah sebagai strategi utama untuk bersaing di tingkat internasional.  Strategi ekspor digunakan karena risiko lebih rendah, modal lebih kecil dan lebih mudah bila dibandingkan dengan strategi lainnya
Salah Satu perusahaan yang melakukan kegiatan  ekspor yaitu PT Taman Delta Indonesia . PT Taman Delta Indonesia melakukan kegiatan ekspor terutama ekspor kopi ke masyarakat Timur Tengah tiap tahunnya . Selama ini ekspor kopi perusahaannya masih banyak tertuju ke Jepang dan Amerika Serikat. Perusahaan memiliki kapasitas produksi 25 ribu ton per tahun dan setiap tahun rata-rata ekspor delapan ribu hingga 10 ribu ton. Sejak tahun 2009 sejumlah pengusaha Dubai mulai intens ingin terus melakukan kontak dagang dan ingin impor kopi dari Indonesia . adanya permintaan impor kopi dari Dubai ini membuktikan bahwa kopi asal Indonesia makin dikenal dan mampu bersaing dengan kopi dari negara lain. Ekspor kopi nasional selama Januari-Desember 2009 mencapai 775,11 juta dolar AS atau memberikan kontribusi 0,89 persen terhadap ekspor nonmogas nasional. Provinsi Jawa Tengah, merupakan salah satu sentra penghasil kopi dan terdapat beberapa eksportir yang aktif melakukan kegiatan ekspor.


Licensing
Lisensi dalam pengertian umum dapat diartikan memberi izin. Pemberian lisensi dapat dilakukan jika ada pihak yang memberi lisensi dan pihak yang menerima lisensi, hal ini termasuk dalam sebuah perjanjian. Definisi lain, pemberian izin dari pemilik barang/jasa kepada pihak yang menerima lisensi untuk menggunakan barang atau jasa yang dilisensikan.
Warner Bros (US$6 miliar setara Rp54 triliun)

Warnes Bros Consumer Product (WBCP) saat ini memiliki sekitar 3.700 lisensi dan terus berupaya menawarkan lisensi lain terutama produk hiburanm. Salah satu lisensi yang ingin dijual adalah The Dark Night Rises yang merupakan salah satu film Batman.
Sejumlah lisensi yang sudah pernah dijual oleh Warnes Bros adalah tokoh superhero seperti Batman, Superman, Wonderwoman, The Flash, dan karakter film kartun lainnya. Seluruh lisensi dari karakter kartun ini dimiliki salah satu unit bisnis Warner Bros, DC Nation.
Pundi pendapatan warnes Bros juga semakin menebal dengan penjualan lisensi untuk produk kartun Looney Tunes yang salah satunya dibeli oleh Cartoon Network lewat program The Looney Tunes Show. Cartoon Network juga membeli lisensi untuk program ThunderCatas pada tahun 2011.
Selain Cartoon Network, selama ini perusahaan pembeli lisensi dari Warnes Bros diantaranya Green Lantern, Mattel, DC Entertaianment and Nick Grace of Water Lane Productions
.

http://bisnis.news.viva.co.id/news/read/222139-5-perusahaan-penjual-lisensi-paling-untung



Franchising
Pengertian waralaba atau franchising adalah hak-hak untuk menjual suatu produk atau jasa maupun layanan. Sedangkan menurut versi pemerintah Indonesia, yang dimaksud dengan waralaba adalah perikatan dimana salah satu pihak diberikan hak memanfaatkan dan atau menggunakan hak dari kekayaan intelektual atau pertemuan dari cirri khas usaha  yang dimiliki pihak lain dengan suatu imbalan berdasarkan persyaratan yang ditetapkan oleh pihak lain tersebut dalam rangka penyediaan dan atau penjualan barang dan jasa.
Sedangkan menurut Asosiasi Franchise Indonesia, yang dimaksud dengan waralaba ialah: Suatu system pendistribusian barang atau jasa kepada pelanggan akhir, dimana pemilik mereka (franchisor) memberikan hak kepada individu atau perusahaan untuk melaksanakan bisnis dengan merek, nama, system, prosedur, dan cara-cara yang telah ditetapkan sebelumnya dalam jangka waktu tertentu meliputi area tertentu.

Ayam Bakar Wong Solo
Paket Franchise
Wong Solo menawarkan paket Franchise selama 10 tahun (hak waralaba) dengan paket-paket sebagai berikut
1. Paket A 1.000.000.000 dengan kapasitas 200 seats
2. Paket B 800.000.000 dengan kapasitas 150 seats
3. Paket C 600.000.000 dengan kapasitas 125 seats
4. Paket D 400.000.000 dengan kapasitas lebih kurang 80 seats , Paket E 50.000.000 (kaki lima)

Dana tersebut termasuk franchise fee 10 tahun, pembangunan rumah makan, pembelian peralatan, preparasi dan pra operasi (tidak termasuk sewa tanah) Rumah makan Wong Solo mengenakan royalti fee 6% dari penjualan setiap bulan




Joint Venture
Sebuah perusahaan patungan (JV) adalah perjanjian bisnis di mana pihak setuju untuk mengembangkan, untuk waktu yang terbatas, sebuah entitas baru dan baru aset dengan menyumbangkan ekuitas . Mereka melakukan kontrol terhadap perusahaan dan akibatnya berbagi pendapatan, beban dan aset. Ada jenis lain dari perusahaan seperti JV terbatas dengan jaminan, usaha patungan dibatasi oleh jaminan dengan mitra memegang saham.
Dalam hukum Eropa , 'joint-venture' istilah (atau usaha bersama) merupakan konsep hukum yang sulit dipahami, baik didefinisikan di bawah aturan hukum perusahaan . Di Perancis, 'joint venture' istilah berbagai diterjemahkan sebagai 'asosiasi d'entreprises', 'entreprise conjointe', 'coentreprise' atau 'entreprise komune'. Tapi pada umumnya, Societe istilah anonyme longgar mencakup semua kolaborasi asing. Di Jerman 'joint venture', lebih baik digambarkan sebagai 'kombinasi dari perusahaan' (Konzern).
Dengan individu, ketika dua atau lebih orang datang bersama-sama untuk membentuk kemitraan sementara untuk tujuan melaksanakan suatu proyek tertentu, kemitraan tersebut juga dapat disebut perusahaan patungan di mana pihak "co-venturer".

Joint Venture
Joint venture adalah bentuk kerjasama antar beberapa perusahaan yang berasal dari beberapa negara menjadi satu perusahaan untuk mencapai konsentrasi kekuatan-kekuatan ekonomi yang lebih padat. Contoh perusahaan yang melakukan joint venture adalah:
  • Lombok Tourism Development Corporation (LTDC) yang merupakan joint venture antara PT Perusahaan Pengelolaan Aset (PPA) dan Bali Tourism Development Corporation (BTDC) dari pihak Indonesia dengan Emaar Properties dari pihak Arab. LTDC bertempat di Indonesia
  • AutoAlliance International (joint venture antara Ford dengan Mazda)
  • Infineum (joint venture antara ExxonMobil dengan Shell)
  • Brewers Retail Inc. (joint venture antara Inbev, Molson Coors dengan Sapporo Breweries)
  • Bank DnB NORD (joint venture antara DnB NOR dengan NORD/LB)
  • Equilon (joint venture antara Texaco dengan Shell)
  • Strategic Alliance (joint venture antara Northwest Airlines dengan KLM Royal Dutch Airlines)
  • LG.Philips Components (joint venture antara LG dengan Philips)
  • NUMMI (joint venture antara General Motors dengan Toyota)
  • Penske Truck Leasing (joint venture antara GE dengan Penske)
  • Sony Ericsson (joint venture antara Sony dengan Ericsson)
  • TNK-BP (joint venture antara BP dengan TNK (Tyumen Oil Co.)
  • Verizon Wireless (joint venture antara Verizon Communications dengan Vodafone)
  • CW Television Network (joint venture antara CBS Corporation dengan Warner Bros.)
  • The Baseball Network (joint venture antara ABC, NBC, dengan Major League Baseball)
  • The Prime Time Entertainment Network from the Prime Time Consortium (joint venture antara Warner Bros. dengan the Chris-Craft group of independent stations.)
  • The XFL (joint venture antara NBC dengan World Wrestling Entertainment)
  • The Nokia Siemens Networks (joint venture antara Nokia dengan Siemens AG)
  • Fujitsu Siemens Computers (joint venture antara Fujitsu dengan Siemens AG)
  • The Balfour Beatty Skanska, construction contractors (joint venture antara Balfour Beatty dengan Skanska)
  • Shell-Mex and BP (joint venture antara Royal Dutch Shell dengan British Petroleum, 1931-1975)
  • United Launch Alliance (ULA) (joint venture antara Boeing dengan Lockheed Martin).
  • Sony BMG Music Entertainment Sony Music Entertainment  (joint venture antara (part of Sony) dengan Bertelsmann Music Group (part of Bertelsmann)
  • MSNBC (joint venture antara Microsoft dengan NBC Universal)
  • Hulu (joint venture antara NBC Universal dengan News Corp)
  • GlobalFoundries (joint venture antara AMD dengan Advanced Technology Investment Co. (ATIC))
  • Borusan Enerji (joint venture antara Borusan Holding dengan EnBW AG)
  • Nova Pictures (joint venture antara Columbia Pictures, HBO, dengan CBS)





Wholly Owned Subsidiary
Sebuah perusahaan, anak perusahaan, atau putri adalah sebuah perusahaan yang sepenuhnya atau sebagian dimiliki dan sebagian atau seluruhnya dikendalikan oleh perusahaan lain yang memiliki lebih dari setengah dari anak perusahaan saham . Anak perusahaan dapat menjadi perusahaan, korporasi , atau perseroan terbatas . Dalam beberapa kasus itu adalah pemerintah atau perusahaan milik negara . Entitas mengendalikan disebut dengan perusahaan induk , induk, atau perusahaan induk .
Sebuah anak perusahaan yang beroperasi adalah istilah bisnis yang terus-menerus digunakan di Amerika Serikat kereta api industri. Dalam kasus rel kereta api, mengacu pada sebuah perusahaan yang merupakan anak perusahaan tetapi beroperasi dengan identitas sendiri, lokomotif dan rolling stock . Sebaliknya, anak perusahaan non-operasi akan ada di atas kertas saja (yaitu saham, obligasi, artikel pendirian) dan akan menggunakan identitas dan rolling stock dari perusahaan induk .

Contoh Perusahaan :
Citilink Airlines yang merupakan anak perusahaan dari Garuda Indonesia Airlines .

http://www.anneahira.com/citilink-air.htm
http://en.wikipedia.org/wiki/Subsidiary

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar